Rabu, Juli 22, 2009

SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMTR 1

Mengapa Unsur-unsur perlu dikelompokkan?

Para ahli kimia sudah sejak dahulu berusaha mengelompokan unsur-unsur dengan tujuan agar mudah untuk dipelajari. Unsur-unsur yang berada pada kelompok yang sama memiliki kemiripan sifat.

Sejarah Pengelompokan Unsur
  1. Sistem Logam dan non logam. Pada mulanya pengelompokan ini terdiri dari 16 unsur logam dan 7 unsur non logam. Pelajari lagi perbedaan sifat logam dan non logam!
  2. Hukum Triade oleh J.W. Dobereiner. Tiga unsur yang memiliki sifat dikelompokan menjadi tiade dan massa atom unsur yang ditengah memiliki massa atom rata-rata dari dua unsur yang lain. Contoh triade: Li (massanya 7), Na (Massanya 23), K (massanya 39).
  3. Hukum Oktaf oleh J.A.R. Newlands. Unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom dan ternyata siaft unsur berulang setiap kelipatan 8, sehingga unsur ke-1 akan memiliki sifat yang sama dengan unsur ke-8, unsur ke-2 sama dengan unsur ke-9, dst
  4. Sistem Periodik Unsur bentuk Pendek. Dikemukan oleh J.L. Meyer dan D.I. Mendeleyev. Dasar pengelompokan unsur adalah kenaikan massa atom.
  5. Sistem Periodik bentuk Panjang oleh Moseley. Sistem periodik ini merupakan modifikasi sistem periodik Mendeleyev dan diresmikan oleh IUPAC pada tahun 1923 serta digunakan sampai sekarang.
Sistem Periodik Unsur Modern
Pada sistem periodik modern, pengelompokan didasarkan pada kenaikan nomor atom yang menggambarkan kesamaan sifat fisika dan kimia.Pada sistem periodik modern, unsur-unsur dikelompokkan dalam golongan dan periode.
  • Golongan. Unsur dalam satu golongan mempunyai sifat yang cenderung sama dan ditempatkan dalam arah vertikal (kolom). Berdasarkan sistem IUPAC golongan terdiri dari 18 buah. Pada sistem Amerika golongan terdiri dari golongan A (golongan Utama), golongan B (golongan transisi), dan golongan transisi dalam (lantanida dan aktinida).
  • Periode. Periode unsur dalam sistem periodik unsur modern disusun dalam arah horisontal (baris) untuk menunjukan kelompok unsur yang mempunyai jumlah kulit atom sama. Periode dalam sistem periodik modern terbagi menjadi 7 buah periode.

( Kimia itu indah dan mudah, mulailah dengan memahami kehidupan yang ada hubungannya dengan kimia dimulai dengan mempelajari unsur-unsur yang ada dalam sistem periodik )

1 komentar: